Jumat, 31 Maret 2017

Memilih Layanan Internet Dan Telefon Di Jepang

Pilih-pilih Layanan Internet dan telpon di Jepang

Ketika saya pertama kali datang kesini, dalam keadaan masih lugu dan polos (yakin?), saya ngikut2 aja orang orang pake apa untuk kontrak hape. Dan jadilah waktu itu saya kontrak hape iPhone 6, dengan operator au dan masa kontrak 2tahun, hanya karena “yg lain pada pake itu”.
Dan selama ini saya mati-matian mempertahankan ikatan rantai kimia au yang sudah terlanjur terajut ini. Banyak hal yg bikin nyesek banget dan membuat saya berkali2 pengen cerai sebenernya, kayak misalnya:
– Harganya mahal, sebulan kena hampir 6000yen (well sebenernya ini harga standar operator manapun si, dengan paket internet yg saya ambil)
– ga fleksibel untuk ganti2 paket internet biar bisa nge-murahin hargan– ada pinalti pemakaian internet harian (ini super bikin emosi). walaupun kuotanya 7gb/bulan, ternyata , ada kuota maksimal. Kalo make lebih dari itu, kita kena pinalti internetnya jadi lemot banget, belum lagi di akhir bulan yang untuk ngirim wa saja lamanya kayak riasan waktu wisuda.
– kalo gugat cerai ditengah masa kontrak kena pinalti 10.000¥ plu.
Dari dulu saya udah bertekad banget, kalo ada operator lain yg berani kasih cashback 60.000yen, saya akan dengan senang hati memutus kontrak ini (dasar cewe matre..wkwk). Tapi sayang, ga nemu2 operator lain yg beneran tulus memberikan cashback. (Dulu, pemberian cashback tunai untuk pindah operator adalah hal umum di jepang, tapi sekarang emang udah gaboleh lagi kayaknya)
Karena itulah, selama beberapa minggu terakhir, saya aktif sekali mencari-cari info kesana sini buat kontrak hape berikutnya yang memeberikan keuntungan maksimal.
Setahu saya, operator konvensional yang ada di jepang ini tiga: softbank, docomo, dan au. Promo-promo yang ditawarkan operator2 ini biasanya terlihat sangat menggiurkan, namun kenyataannya sangat ruwet dan ngejelimet. Yang tertulis di iklannya, kayak “biaya perbulan blablabla”, atau “cashback blablabla”, atau “iphone 0yen” dan sebagainya itu biasanya dibawah syarat dan ketentuan yang ruwet banget ~_~.
Kayak biaya bulanan murah itu, bisa jadi cuma beberapa bulan pertama, habis itu jadi melangit lagi, dan kalo putus kontrak, kita kena pinalti dan bayar sisa cicilan hape yang mahal banget, akhirnya terpaksa kita nerusin kontrak walau merasa tertipu. -__-
Atau cashback, bisajadi itu ga tunai (dan sekarang kebanyakan emang ga tunai), tapi jadi berupa potongan biaya bulanan. Tapi kadang, biaya bulanannya dibikin gede dulu, jadi walau udah dipotong pun tetep gede. -__-
Atau hape 0 yen, itu bisajadi mensyaratkan kita harus langganan paket tertentu yang mahal, atau harus nyerahin hape lama kita, atau apalah macem2. -__-
Makanya, kudu hati-hati banget sebelum memulai kontrak, dan pastiin kalo kita ngerti banget semua konsekuensinya.
Oiya, banyak hape yang di lock oleh operatornya, jadi kalo kita pindah operator, hapenya gabisa dipake.
———
Selain 3 operator itu, ada operator2 lain yang (saya ga begitu ngerti konsepnya gimana), tapi harga yang ditawarkan biasanya lebih murah. Biasanya hanya kontrak nomor saja, tanpa iphone (gatau kalo hape lain). Operator2 ini kebanyakan menginduk ke docomo, katanya sih, make jaringannya docomo, dan karena itu juga, hape-hape docomo bisa dipake menggunakan kartu2 ini.
Ini info beberapa jenis kartu dengan harganya yang saya dapet dari teman saya (Februari 2017):
1. IIJmio (Harga kartu 2000) : 1600yen/bulan(3GB), 2220yen/bulan(5GB), 3260yen/bulan(10GB)
2. OCN (harga kartu 1700) : 1600yen/bulan(110MB/hari), 2100yen/bulan(170MB/hari), 1800yen/bulan(3GB), 2100yen/bulan(5GB), 2600yen/bulan(15GB), 3100yen/bulan(10GB)
3. b-mobile : 1980yen/bulan(3GB), 2780yen/bulan(unlimited)
4. freetel (harga kartu 1800): 999yen/bulan(100MB), 1199yen/bulan(1GB), 1600yen/bulan(3GB),2200yen/bulan(5GB), 2840yen/bulan(8GB), 3170yen/bulan(10GB)

Categories: , , ,

4 komentar:

  1. ngikut-ngikut yg dipak orang situ aja gan :D btw saya kpan ya nyobain operator jepang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya yg tinggal d sini aja pakai kartu yg buat internet saja , buat telepon dan sms ngga bisa ,, syaratnya ribet gan :v

      Hapus
  2. Thanks gan ane coba klo ane ke jepang heheh

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © WANDERLUST | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑